Eneagram (9 Tipe Dasar Manusia)

03.20 0 Comments A+ a-

Siapa aku? Siapa kamu? Orang macam apa aku? Orang macam apa kamu?

Pertanyaan semacam itu ga selalu keluar dari orang yang kena amnesia. Secara tidak sadar, kita selalu mempertanyakannya baik waktu lo lagi ngelamun, atau ngegosip. Tapi, kebanyakan orang menjawab pertanyaan-pertanyaan itu berdasarkan logika acak yang dipahami masing-masing orang atau feeling (cewek nih biasanya..).

Tapi kamu tau ga? sebenernya sejak ratusan tahun lalu, sudah ada studi tentang 9 tipe dasar manusia (yaitu Enneagram) yang diyakini telah diajarkan secara lisan oleh kelompok Sufi rahasia di Timur Tengah yang kemudian dipopulerkan di Eropa oleh Guru mistis Russia, G.I. Gurdjieff (jangan suruh gue baca ini!!) pada tahun 1920-an dan sampai ke AS sekitar tahun 1960-an (sampe Indonesia ketika buku ini diterjemahkan). Cukup serem juga sih sejarahnya... mistis.

Kembali ke Enneagram, jadi buku ini memberi penjelasan tentang perilaku seseorang dan memberi pengarahan tertentu bagi pertumbuhan seseorang. Jadi kita bisa lebih memahami orang lain dan diri kita sendiri. Terus kita juga jadi ga gampang salah paham. Kan ada tuh, orang-orang unik termasuk saya yang punya kebiasaan atau tingkah berbeda dari yang lain. Itu bukan aneh. Tidak. Mereka hanya orang-orang dengan kepribadian yang minoritas! (Insisted).

Siste Eneagram digambarkan dengan suatu lingkaran yang berisi sebentuk bintang bertitik sembilan. Dalam bahasa Yunani, Ennea = 9, dan gram = sebuah gambar. Jadi, Enneagram = sebuah gambar bertitik sembilan (karakteristiknya mirip-mirip dragon ball).

Mengitari Enneagram

1. Gambar Enneagram
 Sembilan titik yg mengelilingi lingkaran dipecah menjadi suatu segitigadan suatu bentuk bertitik enam (bingung jelasinnya, jadi liat gambar aja yaa ).

2. Panah
Tiap titik pada Enneagram berhubungan dengan yang lainnya, ini berpengaruh juga ketika kita rileks atau tertekan. Misalnya kita tipe 1, kalo kita rileks kita bakal ngambil karakter positif tipe 7, dan kalo kita tertekan kita bakal ngambil sisi negatif tipe 4 (Perhatikan panah). Urutan pengambilan karakter ini sesuai dengan pemecahan gambar (poin 1), jadi urutannya 1-7-5-8-2-4-1 dan 3-6-9-3 (kalo tertekan tinggal urutannya dibalik).

3. Sayap

Kepribadian kita bisa saja bercampur atau dipengaruhi oleh tipe kanan dan tipe kiri dari tipe kita (sesuai nomor letak). Jadi, kepribadian kita itu ga murni hanya 1, makanya kita bisa cocok sama orang yang kepribadiannya berbeda karna ada beberapa karakter yang sama (atau bisa ditolerir pihak lain). Biar lebih gampang liat ilustrasi diatas.

Beberapa orang memiliki karakter yang berbeda waktu masih anak-anak dan dewasa, tetapi masih terkait dari panah-panah tersebut. Tipe kepribadian ini pun tidak selamanya sama (bisa berubah), tergantung dari kemauan orang tersebut (ingin berubah atau tidak). Jadi, jangan kaget kalo suatu hari kamu ngelakuin tes ini lagi dan mendapatkan hasil yang berbeda, itu bukan tesnya salah, hanya pola pikirmu sedikit berubah :)

Gambaran Ringkas Kesembilan Tipe

  1. Perfeksionis : realistis, penuh pertimbangan, dan memegang prinsip. Mereka berusaha menjalani hidup dengan standar ideal yang tinggi.
  2. Penolong : hangat, peduli, mengasuh, dan peka terhadap kebutuhan orang lain.
  3. Pengejar Prestasi : energik, optimis, percaya diri, dan berorientasi tujuan.
  4. Romantis : memiliki perasaan yang peka, pribadi yang hangat, dan pengertian.
  5. Pengamat : memiliki suatu kebutuhan akan pengetahuan, dan pribadi yang introver, penuh rasa ingin tahu, analitis, dan berwawasan.
  6. Pencemas : bertanggung jawab, bisa dipercaya, dan menjunjung tinggi kesetiaan pada keluarga, teman, kelompok, dan alasan-alasan. Kisaran kepribadian tipe ini cukup luas, mulai dari menarik diri dan kaku hingga berani mengungkapkan pikirannya dan melawan.
  7. Petualang : energik, penuh vitalitas, dan optimis. Orang-orang bertipe ini ingin memberi sumbangsih pada dunia.
  8. Pejuang : terus terang, mengandalkan diri sendiri, percaya diri, dan protektif.
  9. Pendamai : mudah menerima, suka menyenangkan orang lain, dan mendukung. Pribadi semacam ini mencoba menyatu dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya. 
  Gimana? Udah cukup tahu kan Enneagram tu apa? Kamu pasti penasaran deh kamu tu tipe apa, gimana, dan dimana (?). Yah, kapan-kapan ya gue jelasin lagi per kepribadian itu tu gimana. Ada tesnya juga sih sebenernya, tapi itu kapan-kapan ya gue post (kalo udah punya scanner) muehehehe...

Sumber : Eneagram,  Renee Baron & Elizabeth Wagele

Baca juga: 
Eneagram tipe 1