PRA KERJA PRAKTEK

15.15 0 Comments A+ a-

Kerja Praktek atau KP atau PKL atau gaulnya di jurusan gue (Teknologi Indsutri Pertanian) disebut jatek itu adalah saat ketika kita dilatih untuk menghadapi situasi real industri di perusahaan-perusahaan. Bagi gue, ada 2 tujuan. Major purpose dan minor purpose. Major purpose itu ya supaya kita dapet gambaran bagaimana situasi real di perusahaan, sedangkan minor purposenya yaaa itu. Saat dimana kita mencoba menggebet lawan jenis yang sudah punya pekerjaan (nah lho... hahaha). 
Ada beberapa hal yang perlu kalian pikirkan sebelum Jatek:

1. Temen sejatek. Temen sejatek ini bakal punya andil yang sangaaaaaat besar di kehidupan akademismu setelah-setelahnya karena hampir semua tugas dari dosen itu semua tentang Jatek. Jadi, carilah teman yang sekiranya karakteristiknya kamu cocok untuk hidup bersama, mengerjakan tugas bersama, rajin, ga terlalu pengen tahu, dan biasa aja. 

Jangan salah... Ga selamanya temen baik kita yang selalu bareng dari semester 1, langganan buat curhat, belajar bareng, ga selalu mereka cocok buat jatek ama kita. Ada beberapa temen gue. Jadi, mereka tu temen solidlah dari semester 1. Kemana-mana bareng, sering dicurhatin, eh, giliran jatek bareng, berdua, habis itu mereka diem-dieman. Kenapa? Ya karena perbedaan karakteristik itu. Yang satunya karakternya pengen diperhatiin orang tanpa harus bilang, yg satunya bukan tipe orang yang mudah mengerti hati orang lain. Jadilah mereka saling ngomong dibelakang. 

Terus ada lagi, sebenernya dia ga aneh, cuma kebanyakan pacaran aja. Jadi, pas jatek mereka kan tinggalnya di rumah orang gitu, bukan ngekos tapi soalnya ga ada kos. Nah, suatu hari pacarnya dateng tuh ketempat dia tinggal. Eh, orang yang punya rumah ga suka. Terus ditegur dah tuh temen kita. Dia sebel, katanya yang punya rumah lebay. Padahal mbok ya udah, ga usah pacaran dulu ngapa, cuma bentar doang juga kan jatek, ga usah aneh-aneh deh... Sejak saat itu hubungan mereka kan jadi ga baik, sukanya minggat ke kos gue -___-

Terus ada juga yang dia tuh sekelompok jatek bersama sepasang sahabat solid. Awalnya semua baik-baik aja. Sampai berhari-hari setelah tinggal bersama, si orang ini mulai jengah gegara pembicaraan mereka ga nyambung sama sekali. Dan mungkin karena kebiasaan, kedua orang ini seolah hanya berbicara diantara mereka berdua. Intinya, temen gue itu merasa tersisihkan. Jadilah dia nggerundel.

Selain itu, temen juga sebagai pemicu kita mengerjakan laporan jatek di lokasi jatek (bukan dirumah). Temen yang rajin dan sigap akan membagi tugas dan nyuruh kita ngerjain tugas, jadi kita bisa nyicil laporan di lokasi.

2. Tempat jatek. Tempat kita jatek itu ga harus selalu yang terkenal. Memang. Tapi akan lebih baik lagi kalo perusahaan itu adalah Tbk. Kenapa? Karena mereka ga terlalu tertutup dan data-datanya mudah didapat. Nggak cuma itu guys. Setelah jatek, hampir semua tugas kuliahmu itu tentang tempat jatek. Kalo kamu dapet perusahaan yang tertutup atau ga terkenal (kayak gue), mateng lho berhari-hari didepan laptop nyari-nyari sumber di internet ga dapet-dapet. Jadi, kalo lo masih dalam tahap penyebaran proposal, carilah dulu perusahaan-perusahaan besar, kalo kepepetnya ga dapet baru dah di kecil. Soalnya jatek di perusahaan besar lebih asyik guys, beda deh feelnya.

3. Tugas umum dan khusus. Ketika tahap penyusunan proposal, kalian pasti dihadapkan pada pertanyaan, tugas khususnya dicantumin apa nggak ya? Gue saranin, cantumin aja. Karena dengan dicantumin itu, perusahaan bisa tau tugas khusus lo dan dimana lo ditempatin. Perusahaan juga bisa ngasih advice ke lo kalo topsus lo ga cocok sebelum lo sampe di tempat jatek. Jadi lo bisa cari cadangan topsus yang lain. Nah, untuk tugas umum, usahakan lo cari selengkap-lengkapnya meskipun lo ga bakal nyantumin itu di laporan, tapi lo bakal ditanya itu pas sidang jatek (jeng jeng...). Bukan cuma pas sidang jatek doang, tapi pas perkuliahan juga lo bakal ditanyain cing...

4. Tempat Tinggal. Nah, lo juga bakal pusing nyari ini guys. Beberapa mahasiswa beruntung perusahaannya menyediakan mesh buat tinggal. Tapi banyak yang nggak. Jadi, beberapa temen gue survey tempat gitu dulu ceritanya sekalian nyari tempat tinggal. Gue sih ga survey, gue dicariin tempat kos di sodara gue, jadi gue harus terima entah seperti apa kos itu. Sampai disana, ternyata itu kos campuran, gue sebagai cewek yang berhijab yaa berasa latihan KKN, seumah ama cowok. Jadi, usahakan kalian cari yang nyaman ditinggali lah... tapi jangan dirumah orang kayak gue juga, tetep ga enak jatohnya kalo kayak gitu mah..

Nah, ini beberapa advice dari gue tentang persiapan pra jatek, hoho. Ini mungkin mudah dijabarkan tapi sulit untuk dicari. Karena pada intinya, ini semua berkaitan tentang personality diri lo dan orang lain, sama allowance yang lo punya buat orang lain.

Ini foto kenang-kenangan tempat gue jatek